Gelontorkan Dana Rp 1,5 Miliar untuk Perbaikan Sarana Prasarana Desa ,Pj Bupati Lombok Timur Buka TMMD 121

Daftar Isi
RNN.com - Lombok Timur NTB,  Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 dengan tema "Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah" mulai dilaksanakan di dua desa di Kabupaten Lombok Timur, yakni Desa Kesik Kecamatan Masbagik dan Desa Loyok Kecamatan Sikur, pada Rabu (24/07/2024).

Upacara pembukaan TMMD ke-121 dihadiri oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Wirabhakti, Dandim di Provinsi NTB, serta kepala OPD. Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, bertindak sebagai inspektur upacara.

"Terima kasih kepada TNI AD yang melalui TMMD ini telah mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, meskipun dengan bantuan yang cukup minim dari APBD Lombok Timur sebesar Rp 1,5 miliar," ujar Pj Bupati kepada media setelah upacara.

Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, menjelaskan bahwa kegiatan TMMD ini dilakukan secara lintas sektoral, melibatkan TNI/Polri, pemerintah kabupaten, serta masyarakat setempat. Tidak hanya berfokus pada pengerjaan fisik, TMMD juga mengadakan penyuluhan mengenai bahaya narkoba dan stunting, isu yang saat ini menjadi perhatian di daerah tersebut.

“Kegiatan TMMD ini merupakan bentuk sinergi antara TNI dan Pemerintah, yang bertujuan menciptakan keharmonisan serta memperkuat persatuan dan kesatuan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. Program TMMD ini dijalankan dengan semangat gotong royong.

Berdasarkan hasil TMMD sebelumnya yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Pj Bupati berharap kegiatan TMMD kali ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, yang bertindak sebagai Dansatgas, melaporkan bahwa TMMD ke-121 TA 2024 akan dilaksanakan selama 30 hari, mulai 24 Juli hingga 22 Agustus 2024. Sasaran kegiatan ini mencakup dua desa, yaitu Desa Kesik dan Desa Loyok.

Di Desa Kesik, kegiatan yang akan dilakukan meliputi pembangunan saluran irigasi sepanjang 1.050 meter, pembangunan 2 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan 2 unit MCK, renovasi 1 unit mushalla, renovasi 1 unit TPQ, pembangunan irigasi sepanjang 100 meter, dan pembuatan 1 sumur bor.

Sementara itu, di Desa Loyok, program yang akan dilaksanakan meliputi pembangunan saluran irigasi sepanjang 612,5 meter, pembangunan 1 unit RTLH, renovasi 1 unit TPQ, pembangunan jalan tani sepanjang 600 meter, dan pembuatan 2 unit sumur bor.

Perbaikan dan pembangunan infrastruktur tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat setempat.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti berharap hasil dari kegiatan TMMD ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Setelah upacara pembukaan dan pembagian sembako kepada masyarakat, Danrem 162/WB bersama Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, meninjau lokasi sasaran TMMD ke-121 di Desa Kesik, Kecamatan Masbagik, dan Desa Loyok, Kecamatan Sikur.

Kedatangan Danrem dan Pj Bupati disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat. "Sebagai warga Desa Kesik, kami mengucapkan terima kasih kepada TNI dan pemerintah; kegiatan TMMD ini sangat membantu kami," ujar beberapa warga setempat.

Melalui program TMMD ini, saluran irigasi yang sebelumnya rusak kini telah diperbaiki, begitu juga dengan rumah tidak layak huni (RTLH) dan mushalla yang mendapatkan renovasi. Program non fisik yang diselenggarakan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Dampak dari program TMMD ini sangat besar bagi masyarakat," ungkap beberapa warga.

(win)